Sambutan Ketua Umum

Maritim Muda Nusantara
Sambutan Ketua Umum Maritim Muda Nusantara

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah Yang Maha Kuasa atas segala karunia-Nya sehingga Maritim Muda Nusantara telah berdiri. Sesungguhnya Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang kaya akan sumber daya kelautan, keanekaragaman hayati laut, keanekaragaman sosial dan budaya maritim, potensi pemuda, serta memiliki sejarah kejayaan maritim masa lalu dan posisi strategis geopolitik dan geoekonomi. Oleh karena itu, pembangunan yang berorientasi kelautan menjadi tuntutan dan kebutuhan bangsa Indonesia.

Menjawab hal ini, visi Indonesia Poros Maritim Dunia, yaitu sebagai negara maritim yang berdaulat, maju, mandiri, kuat, serta mampu memberikan kontribusi positif bagi keamanan dan perdamaian kawasan dan dunia sesuai dengan kepentingan nasional telah ditetapkan dan dijabarkan strategi implementasinya oleh Pemerintah melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2017 Tentang Kebijakan Kelautan Indonesia.

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia terwujud, sebuah organisasi bernama Maritim Muda Nusantara didirikan dengan fokus utama pada penyiapan sumber daya manusia kemaritiman yang profesional, beretika, berdedikasi, dan mampu mengedepankan kepentingan nasional; pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kemaritiman yang mutakhir, efektif, efisien, dan ramah lingkungan; serta penguatan budaya maritim berbasis pengembangan potensi pemuda dan masyarakat pesisir serta pulau-pulau kecil seluruh Indonesia secara berkelanjutan.

Kaisar Akhir, S.I.K., M.Sc