Pengurus Pusat

Maritim Muda Nusantara
PENASIHAT PUSAT
Kaisar Akhir baru saja menyelesaikan pendidikan MSc in Maritime Affairs dari World Maritime University (WMU), Swedia, dengan spesialisasi Ocean Sustainability, Governance and Management pada November 2018 yang didanai secara penuh oleh beasiswa dari LPDP. Sejak kuliah S1 pada program Ilmu dan Teknologi Kelautan di IPB, dia telah aktif dalam kegiatan sosial, kemahasiswaan, dan keilmiahan dari tingkat kampus/lokal, nasional, hingga internasional. Fokus ia sekarang pada kegiatan berupa edukasi, edutrip, aksi sosial, konsultasi, dan advokasi guna mendukung Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia serta penanganan sampah plastik laut di Indonesia. Ia percaya dengan kolaborasi dan profesionalisme, itu semua dapat terwujud.
Letjen TNI Marinir (Purn.) Dr. NONO SAMPONO, M.Si.
WAKIL KETUA DPD RI
Dr. Ir. TUKUL RAMEYO ADI, M.T.
TENAGA PENDUKUNG MENKO BIDANG KEBIJAKAN
HALUAN MARITIM NASIONAL, KEMENKO MARVES RI

Kita Muda,
Wujudkan Poros Maritim Dunia
Pengurus Pusat Maritim Muda
Kaisar Akhir baru saja menyelesaikan pendidikan MSc in Maritime Affairs dari World Maritime University (WMU), Swedia, dengan spesialisasi Ocean Sustainability, Governance and Management pada November 2018 yang didanai secara penuh oleh beasiswa dari LPDP. Sejak kuliah S1 pada program Ilmu dan Teknologi Kelautan di IPB, dia telah aktif dalam kegiatan sosial, kemahasiswaan, dan keilmiahan dari tingkat kampus/lokal, nasional, hingga internasional. Fokus ia sekarang pada kegiatan berupa edukasi, edutrip, aksi sosial, konsultasi, dan advokasi guna mendukung Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia serta penanganan sampah plastik laut di Indonesia. Ia percaya dengan kolaborasi dan profesionalisme, itu semua dapat terwujud.
Kaisar Akhir
Founder & Ketua Umum
Antonius Rio Sandi Sirait adalah seorang profesional di bidang pelayaran niaga internasional. Lulusan STIP Jakarta 2016 ini bekerja di sebuah perusahaan Belanda Wagenborg B.V sebagai 2nd Officer. Tahun 2017 dia menjadi salah satu delegasi Indonesia di Opito Safety Competence Conference (OSCC) di Kuala Lumpur. Pria asal Bandung yang memiliki motto “Learn, Earn and Return“ ini tertarik dan turut aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan edukasi dalam bidang maritim di Indonesia.
Antonius Rio Sandi Sirait
Co-Founder & Sekretaris Jenderal
Radha Karina Putri
Direktur Keuangan
Aditiya Budi Pratama S.Kom merupakan lulusan S1 Teknologi Informasi, sering aktif dalam kegiatan organisasi di kampus salah satunya Bem FT, HIMIFDA, Teksada, UKM Karate. Selain itu juga pernah menjabat sebagai ketua pelaksana UNSADA CUP V 2018 dan Ketua Pelaksana Liga Teknik 2019. Motto hidup saya "Komitmen, Jujur, Bertanggung jawab" Ini merupakan sebuah kalimat yang saya tanamkan dalam diri saya, agar saya punya pondasi dalam mengerjakan segala sesuatu yang akan saya jalankan.
Aditiya Budi Pratama
Direktur Teknologi dan Informasi
Fauzan Siszadli Dwi Farand
Fauzan Siszadli Dwi Farand
Direktur Program dan Kemitraan
Muhamad Ronald David, SE Simple, memiliki pengalaman dalam berorganisasi sebagai anggota maupun pempimpin. Terkadang humoris dengan menyesuaikan keadaan.
Muhamad Ronald David
Direktur Bisnis
Akbar Manggala Putra adalah mahasiswa aktif dibidang Ilmu Ekonomi. Disela sela waktu kuliah, saya juga belajar untuk mendalami ilmu dibidang Digital Marketer dan Public Speaking. Bagi Saya Kunci Kesuksesan itu ada 4 yaitu Berdoa itu adalah Tujuan, Belajar itu adalah Kesiapan, Beraksi adalah Perjuangan dan Berserah Diri.
Akbar Manggala Putra
Asisten Sekretaris Jenderal 1
Cintia Caroline, S.I.Kom Dengan latar belakang dibidang komunikasi, Cintia berantusias untuk terus berkontribusi dan mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia setelah menyelesaikan program internship-nya di unit komunikasi UNDP Indonesia. Ditengah program pendidikan pascasarjana yang Cintia tempuh pada jurusan Komunikasi Internasional, Cintia bergabung dengan Maritim Muda Nusantara dengan keyakinan bahwa sektor maritim Indonesia sebagai negara kepulauan adalah salah satu faktor utama yang mendukung kemajuan negara Indonesia.
Cintia Caroline
Asisten Sekretaris Jenderal 2
Abunaim Arifin S.Kel Jagalah Laut maka laut akan memberikan kehidupannya
Abunaim Arifin
Manajer Keuangan Program
Muh Firdaus, S. Kel merupakan Lulusan S1 Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya. Saat ini sebagai Mahasiswa Ongoing Program Magister Ilmu Kelautan IPB University dan Didanai oleh Beasiswa LPDP RI. Bidang Minat Physical Oceanography dengan spesialis Water Masses, Modeling Oceanography, Modeling Coastal and Estuary Hydrodynamics. Harapan besar bisa berkontribusi, bersinergi serta berkolaborasi dengan berbagai pihak di Bidang Kelautan untuk membangun Maritim Di Indonesia lebih maju dan jaya.
Muh Firdaus
Manajer Data, Riset, dan Advokasi Maritim
Gerry Utama, S.Si menyelasaikan studinya di Fakultas Geografi UGM dengan bidang kajian geomorfologi. Menyukai perjalanan keliling dunia dengan ketertarikan terhadap sejarah peradaban bangsa, bentang alam unik, serta kondisi iklim ekstrim, tidak lepas sudah banyak karyanya baik dalam bentuk tulisan, makalah, buku yang sudah diterbitkan berbagai bidang yang berkaitan dengan geomorfologi, pariwisata minat khusus, dan kebencanaan. Tahun 2015 menjadi delegasi Geografi Indonesia pada International Geographical Union di Moskow.
Gerry Utama
Manajer Sosial, Pendidikan, dan Budaya Maritim
Mochamad Gizza Gaeta Nahumariri, S.T. dengan mimpi besarnya menjadikan Indonesia menjadi destinasi utama pariwisata bahari dunia yang terdepan dalam menerapkan prinsip-prinsip ekonomi biru dalam pembangunan Indonesia berkelanjutan ini percaya bahwa Indonesia akan menjadi destinasi utama Internasional dalam agenda lancongannya turis mancanegara. #DiIndonesiaAja
Mochamad Gizza Gaeta Nahumariri
Manajer Konservasi, Olahraga, dan Pariwisata Bahari
I Gusti Bagus Ega Krisna Bayu S.Tr.Pi adalah anggota maritim muda yang berasal dari Bali dan menjadi peraih Adhi Widya Taruna untuk program studi teknologi penangkapan ikan di Politeknik Ahli Usaha Perikanan Jakarta, salah satu perguruan tinggi kedinasan dibawah naungan Kementrian Kelautan dan Perikanan. Ega aktif dalam berbagai kegiatan pemuda dan lingkungan khususnya yang berkaitan dengan laut. Ega adalah alumni dari Indonesia Youth Marine Debris Summits, Youth Action Forum dan Formula E1 dari Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut. Ega saat ini menekuni bidang Remote Sensing sembari mengabdi di kampus Politeknik Ahli Usaha Perikanan Jakarta.
I Gusti Bagus Ega Krisna Bayu
Manajer Media dan Informasi
M. Iqbal Darmawan
Manajer Kemitraan Global
Harbi Putra
Manajer Strategi Organisasi
Sigit Wagiraharjo, A. Md .Assalamualaikum wrwb Selalu semangat dan bahagia untuk kita semua, perkenalkan nama saya Sigit Wagiraharjo biasa di panggil Sigit. Saat ini saya menjabat sebagai Manajer Kewirausahaan Dan Inovasi Teknologi Maritim di Organisasi Maritim Muda Nusantara Jakarta Pusat. Untuk itu mohon bimbingan dan kerja samanya di Organisasi kita tidak lain untuk saling menjadikan Maritim Muda Nusantara sebagai Poros Maritim Dunia. Terimakasih Wassalamualaikum wrwb.
Sigit Wagiraharjo
Manajer Kewirausahaan dan Inovasi Teknologi Maritim
Daniel Silitonga, S.Tr.Pel Daniel Silitonga lulusan STIP Jakarta 2020 dengan jurusan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, pengalaman mendalami sertifikat dan pengoperasian kapal, dan bekerja di PT. Meratus Line sebagai QHSE Meratus Ship Management Memiliki moto : Integritas dan Kejujuran yang utama serta "Dare to Dream Dare to Achieve"
Daniel Silitonga
Manajer Transportasi Laut, Logistik, dan Kepelabuhanan
Mizan Lubnan baru saja menyelesaikan pendidikan MBA dari SBM ITB dengan spesialiasasi Entrepreneurship. Fokus ia sekarang pada pengembangan platform Docking.id yang membantu para pemilik galangan dan penyedia produk atau jasa perlengkapan kapal untuk dipasarkan ke pemilik kapal.
Mizan Lubnan
Manajer Transformasi Digital dan Investasi Maritim
Tim Pakar Muda
Imanda Hikmat Pradana, S.Pi., M.Sc. seorang profesional yang memfokuskan diri kepada konservasi wilayah pesisir dan pemberdayaan masyarakat pesisir. Lulusan Master asal Tiongkok ini sekarang bekerja sebagai Program Manager di sebuah organisasi nirlaba bernama Rare yang sedang mengimplementasikan Pengelolaan Akses Area Perikanan (PAAP) di Provinsi Sulawesi Tenggara. Ia memiliki harapan agar nantinya nelayan di Indonesia bisa dianggap sebagai profesi yang terhormat dan dibanggakan.
Imanda Hikmat Pradana
CO-FOUNDER & KETUA TIM PAKAR MUDA / PAKAR MUDA BIDANG PENGELOLAAN PESISIR BERKELANJUTAN
Ranitya Nurlita aktif di berbagai aktivitas pengembangan pemuda sejak 2011 untuk menggapai mimpinya menjadi pengusaha yang fokus di bidang lingkungan. Ranitya mempunyai minat yang tinggi di bidang Pembangunan Berkelanjutan, Manajemen Proyek, dan Kepemimpinan Pemuda. Karena minatnya ini, Ranitya menjadi Duta Muda di berbagai Forum Internasional lebih dari 17 negara. Pendiri komunitas ASEAN Reusable Bag Campaign dan External Engagement Manager Greeneration Foundation ini juga aktif sebagai Pembicara di berbagai forum pemuda dan lingkungan, dan menjadi relawan di berbagai kegiatan.
Ranitya Nurlita
CO-Founder & Pakar Muda Bidang Lingkungan
Dwitya Harits Waskito
Pakar Muda Bidang Teknologi Maritim
Dinda Nursalsabilla adalah seorang mahasiswa jurusan teknik perkapalan di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Teknik perkapalan merupakan jurusan yang berfokus terhadap design dan konstruksi kapal, pada umumnya jurusan ini banyak diminati oleh laki-laki, namun dia dengan berani mengambil jurusan yang satu ini. Fokus ia saat ini adalah menyelesaikan pendidikan dan turut aktif dalam berbagai kegiatan sosial serta edukasi dalam bidang maritim.
Dinda Nursalsabilla
Pakar Muda Bidang Teknologi Maritim
Adityawarman
Pakar Muda Bidang Transportasi Laut
Hyang I. Mihardka, S.H., MBA. has 18 years of professional experience including leadership positions in national private companies. She is consistently promoting Negotiation and Mediation as an appropriate dispute resolution under Pusat Mediasi Nasional, since 2005. In addition of being a collaborative lawyer, she took part in national & international organizations; Listed as DSF Mediator in RSPO, a global associations of palm oil industry. Representative in Asia Pacific Centre for Arbitration & Mediation (APCAM). As a Mediator Coach in Ombudsman RI & Bawaslu RI.
Hyang Ismalya Mihardja
Pakar Muda Bidang Resolusi Konflik
Dhaneswara Al Amien S.T. Education background is Ocean Engineering, having experiences of maritime and marine construction and consultations project in Asia and Middle East. Currently pursuing Maritime Management and Shipping Management Master Degree in Sweden and Greece.
Dhaneswara Al Amien
Pakar Muda Bidang Manajemen Maritim
Rizky Akbar Siboro, S.Pi Seorang pemuda yang memiliki antusias dalam kelestarian alam dan lingkungan sekitar
Rizky Akbar Siboro
Pakar Muda Bidang Pendidikan Lingkungan
Firman Faturohman, S.Hum. Firman Faturohman seorang Penggiat Sejarah dan Museum, lulusan Sejarah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Saat ini menjadi staf edukasi dan asisten kurator di Unit Pengelola Museum Kebaharian Jakarta. Saat ini aktif dalam kegiatan-kegiatan kemaritiman yang berkaitan dengan bidang sejarah, arkeologi dan museum.
Firman Faturohman
Pakar Muda Bidang Sejarah dan Budaya Maritim
Sihar Aditia Benrid Silalahi, S.I.K adalah seorang alumni IPB University yang merintis Sawfish Project Indonesia sebagai komunitas konservasi yang pertama kali berfokus kepada Pari Gergaji. Sebagai Project Leader, Sihar bertanggungjawab dalam memimpin tim untuk meneliti Pari Gergaji di Merauke dan mengadakan berbagai program sosial untuk menginisiasi upaya pelestarian Pari Gergaji yang berbasis masyarakat. Sebelumnya, ia telah bergabung dengan Manta Watch yang berfokus kepada konservasi Pari Manta berbasis ekowisata di Labuan Bajo, Taman Nasional Komodo
Sihar Aditia Benrid Silalahi
Pakar Muda Bidang Konservasi Laut
Angkasa Putra, S.Tr.Pi pemuda maritim berdarah Bugis-Makassar, menempuh pendidikan vokasi bidang perikanan budidaya (aquaculture) pada instansi pendidikan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) selama tujuh tahun, yakni Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Bone (2012-2015) dan Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta/Politeknik Ahli Usaha Perikanan (Poltek AUP) Jakarta (2015-2019). Memiliki cita-cita besar dalam pembangunan sektor KP bidang akuakultur yang ramah lingkungan, berkelanjutan, produktivitas tinggi, serta penerapan teknologi industri 4.0.
Angkasa Putra
Pakar Muda Bidang Perikanan Budidaya
Muhammad Biki Saputra BSc (Hons) in Multimedia Technology adalah seorang desainer digital, seniman multidisiplin bekerja sebagai seorang desainer yang menggunakan Adobe Photoshop, Illustrator, Premiere Pro dan After Effect. Dengan latar belakang Desain Grafis, Animasi dan Media Digital, telah membuat logo, gambar dan video, baik film unggulan maupun motion graphic.
Muhammad Biki Saputra
Pakar Muda Bidang Teknologi Multimedia
Sigit Nugroho, S.I.Kom., M.I.Kom. adalah Lulusan Magister Ilmu Komunikasi yang berkecimpung di bidang Public Relations. Hal ini terwujud dengan menjadi PR Kontingen Indonesia tahun 2018 pada The Young Garuda Contingent Republic of Indonesia di Ajang YSS-ASEAN Mission to Sarawak Malaysia. Aktif di berbagai kegiatan Nasional dan Internasional terutama dalam bidang Sosial dan Pendidikan.
Sigit Nugroho
Pakar Muda Bidang Komunikasi
Sarah Vaisala Trimulyani, S.E (lahir di Garut, 29 Juni 1997; umur 24 tahun) adalah seorang Ekonom yang saat ini berprofesi sebagai Tresurian salah satu Bank BUMN. Sarah memperoleh gelar Sarjananya dari Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan Institut Pertanian Bogor (lulus 2019). Pada tahun 2017, Sarah juga diangkat menjadi salah satu Duta Institut (IPB University Ambassador) yang bertugas dalam melakukan branding kampus pada siswa SMA secara khusus dan generasi milenial secara umum.
Sarah Vaisala Trimulyani
Pakar Muda Bidang Ekonomi Pembangunan
Endy Prahyuono, S.T. Endy memiliki passion dalam bidang startup, kegiatan sosial dan kebijakan publik. Lulusan Teknik Sipil ITS angkatan 2007 bekerja di sebuah prusahaan startup sebagai Head of Corporate Strategy & Government Relation. Bergabung dengan Maritim Muda Nusantara semenjak 2021 dengan harapan dapat bermanfaat kepada masyarakat terutama masyarakat pesisir malalui kegiatan pengembangan bisnis.
Endy Prahyuono
Pakar Muda Bidang Pengembangan Bisnis