Program

Program Unggulan Maritim Muda Nusantara (Nawa Bakti) Tahun 2019-2020
Maritim Muda Mengajar

MMM merupakan program kerelawanan pemuda tingkat nasional untuk menjadi pengajar materi Kurikulum Kemaritiman dan pendamping bagi para guru agar mampu menerapkan Kurikulum Kemaritiman di sekolah- sekolah khususnya di daerah pesisir dan pulau-pulau kecil, sehingga perluasan implementasi kurikulum kemaritiman di seluruh Indonesia dapat lebih cepat. Sebagai bentuk pembekalan sebelum bertugas, pelatihan akan diberikan kepada relawan Maritim Muda Mengajar dengan materi seperti bela negara, materi kurikulum kemaritiman, dan metode pengajaran.

TAGANA Maritim Muda

TAGANA Maritim Muda merupakan program penyiapan relawan Sahabat TAGANA untuk wilayah rawan bencana laut. Program ini akan meliputi tahapan rekrutmen dan pelatihan relawan, pengajaran ke sekolah tentang mitigasi bencana laut serta penanaman vegetasi pantai di wilayah rawan bencana laut.

Maritechtor

Maritechtor merupakan program inkubasi wirausaha pemula (startups) berbasis teknologi kemaritiman di wilayah sekitar rute Tol Laut, New Bali, dan pulau-pulau kecil terluar. Program ini akan meliputi tahapan seleksi, pelatihan, pemodalan, pengembangan teknologi, dan uji coba bisnis. Sektor bisnis yang dapat dikembangkan meliputi industri perikanan, garam, pertanian pesisir, wisata bahari dan penanganan sampah plastik laut.

INASYF 2019

INASYF 2019 merupakan forum pemuda tingkat nasional yang akan membahas permasalahan dan solusi kelautan untuk mencapai target- target SDG14 di Indonesia. Forum ini akan memberikan kesempatan peserta untuk memaparkan rencana aksi atau proyek penyelesaian masalah kelautan yang terdiri atas 4 topik utama yaitu Pencemaran Laut, Perikanan Berkelanjutan, Kawasan Lindung Laut, dan Teknologi Kelautan. Program ini akan meliputi kegiatan seminar, workshop, diskusi, dan kunjungan lapang ke ekosistem laut pesisir.

Maritim Muda Training Center

MMTC merupakan program penyediaan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi pelaut muda, nelayan muda, penyelam muda, dan profesional maritim muda lainnya serta pengembangan soft skills pemuda dalam bidang kemaritiman.

Temu Nasional Maritim Muda Nusantara 2019

Program ini merupakan sebuah pertemuan pengurus pusat dan para pimpinan organisasi daerah Maritim Muda Nusantara seluruh Indonesia (34 provinsi) yang terdiri atas Seminar Nasional, Rapat Kerja Nasional, Pelatihan Pemuda Maritim, Edukasi Kemaritiman, dan Aksi Bersih Pesisir dengan tema “Sukseskan Indonesia Poros Maritim Dunia”. Temu Nasional akan menghasilkan Naskah Rekomendasi Pemuda untuk mengembangkan peran Indonesia dalam Indo-Pacific Cooperation dan Archipelagic and Island States (AIS) Forum serta Rencana Aksi Nasional Kebijakan Kelautan Indonesia 2020 - 2045.

EKANUSA - Ekspedisi Maritim Muda Nusantara

EKANUSA merupakan program pelayaran pemuda dengan kapal perintis dan kapal Tol Laut untuk melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan seperti bakti sosial, pelayanan kesehatan, dan edukasi ke daerah perbatasan dan terdampak bencana serta pulau-pulau kecil terluar Indonesia. EKANUSA dapat disinergikan dengan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Kemenko bidang Kemaritiman dan Nusantara Sehat Kemenkes.

Maritim Muda SaBi

Program ini terdiri atas kegiatan edukasi dan aksi bersih di 34 provinsi Indonesia dalam rangka menyukseskan Gerakan Indonesia Bersih dan dapat bersinergi dengan program Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (PEPELINGASIH) Kemenpora. Edukasi akan dilakukan ke sekolah-sekolah dan masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil. Aksi bersih akan dilakukan di pantai dan laut bukan hanya berupa pengumpulan sampah tetapi juga pemilahan, pengukuran, dan penimbangan sampah yang dikumpulkan.

Duta New Bali & Geopark Indonesia

Program ini merupakan kegiatan pelatihan bagi duta terpilih 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau New Bali dan 19 Geopark Indonesia. Pelatihan akan meliputi materi objek wisata terkait, public speaking, gaya berbusana dan penampilan, kearifan lokal, pelestarian lingkungan, manajemen pariwisata berkelanjutan, kesehatan jasmani, serta bela negara.